Stok Darah PMI Trenggalek di Bulan Ramadan Masih Aman

Kabag Pelayanan Darah memperlihatkan stok darah di kantor PMI Trenggalek, Kamis (16/05/19)
Kabag Pelayanan Darah memperlihatkan stok darah di kantor PMI Trenggalek, Kamis (16/05/19)

TRENGGALEKTIMES – Memasuki 11 hari puasa Ramadan 1440 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Trenggalek memastikan stok darah untuk bulan Ramadan ini masih dalam kategori aman. Kendati demikian, PMI terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit jelang lebaran tahun ini.

Kabag Pelayanan Darah PMI Kabupaten Trenggalek, Yesi Apriliana Sari menerangkan, stok darah di bulan Ramadan masih aman untuk dua minggu kedepan. Namun, untuk memenuhi pemintaan  kantong darah hingga lebaran nanti PMI rutin gelar stand Donor Darah di luar kantor.

"Stok darah di PMI pada saat awal bulan puasa masih aman, karena kita saat ini memiliki total 342 kantong darah dengan rincian golongan darah A 53, B 107, C 145, dan AB 37 kantong darah," jelas Yesi saat dijumpai di kantornya, Kamis (16/05/19).

Menurut Yesi, untuk menenuhi permintaan rumah sakit hingga lebaran nanti, PMI Trenggalek sudah menyiapkan stand khusus untuk donor darah sekaligus ngabuburit.

"Setiap hari kita juga melakukan donor di luar kantor atau donor on the road yang saat ini biasa kita lakukan di Alun-alun Trenggalek pada sore hari sambil ngabuburit," kata dia.

Tidak hanya itu, Yesi juga membeberkan segudang manfaat yang bisa diperoleh ketika rutin melakukan donor darah. Seperti cek kondisi tubuh dan deteksi awal beberapa penyakit menular.

"Manfaat donor darah yang pertama menyetahui kesehatan kita secara rutin, cek Hemoglobin, dan di cek 4 jenis penyakit menular HIV, Hepatitis B, Hepatitis C, dan Sifilis. Misal ada yang terindikasi mengidap penyakit tersebut, akan segera kami beritahu lewat SMS untuk datang ke PMI dan berkonsultasi dengan dokter," jelasnya.

Pewarta : Ganez Radisa Yuniansyah
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Debyawan Dewantara Erlansyah
Sumber : Trenggalek TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]trenggalektimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]trenggalektimes.com | marketing[at]trenggalektimes.com
Top