Hewan-Hewan Laut Ini Menakjubkan, Bisa Menyala dalam Gelap, Ada yang Matanya Seperti Senter

ikan yang bisa menyala didalam laut (daftarpopuler)
ikan yang bisa menyala didalam laut (daftarpopuler)

TRENGGALEKTIMES, MALANG – Kalian tentu pernah tau bukan tentang sesuatu benda yang bisa menyala dalam kegelapan, atau yang biasa disebut glow in the dark ? Tapi kalau hewan yang bisa menyala dalam kegelapan apakah kalian pernah tau?

Kalau bicara hewan yang bisa menyala dalam gelap kalian pasti langsung teringat dengan kunang-kunang bukan. Namun ternyata ada hewan-hewan lain yang bisa menyala dalam gelap sehingga tak membutuhkan sinar matahari untuk melihat.

Nah penasaran bukan apa saja hewan-hewan itu, yang bisa menyala dalam kegelapan. Mari kita simak informasinya berikut ini.

1. Flashlight Fish
 

Flashlight Fish adalah nama umum untuk kategori ikan yang mampu bersinar. Dan salah satu ikan yang masuk kategori tersebut adalah Anomalipidae.

Ikan Anomalipidae memiliki organ bercahaya yakni Bioluminesen yang berada di bawah mata mereka. Proses bisa bercahayanya ini karena adanya reaksi kimia tertentu di dalam tubuhnya.

Di kedalaman laut, cahaya matanya tersebut terlihat sangat menarik menyerupai senter. Apalagi, saat banyak ikan jenis tersebut berkumpul, maka akan terlihat begitu indah. Seakan cahaya -cahaya yang berasal dari bola mata tersebut bisa berjalan.

Dan cahaya tersebut juga digunakan ikan sebagai komunikasi, mencari mangsa maupun untuk menghindari dan predator. Ikan ini banyak ditemukan di perairan tropis. Ikan ini memiliki panjang sekitar 14 cm dan aktif mencari makan pada malam hari.

2. Glowworm New Zealand
 

Selain ikan Anomalipidae, ada juga hewan bernama Glow Worm. Hewan ini merupakan sejenis larva cacing namun bisa menyala. Glow Worm ini tinggal di kawasan yang memiliki kelembaban tinggi.  

Cahaya dari Glow Worm digunakan untuk menarik perhatian mangsa. Selain untuk mencari mangsa, cahaya yang dihasilkan juga digunakan untuk mencari pasangan.

Cahaya dari Glow Worm memiliki panjang gelombang 478 nanometer dan dihasilkan dari enzim lusiferase. Enzim tersebut memiliki kesamaan dengan enzim pada kunang-kunang.

Glow Worm sendiri akan tetap bercahaya meskipun ia tengah bermetamorfosis dari kepompong.  

3. Cumi Kunang-kunang
 

Ada jenis dari cumi-cumi yang bisa mengeluarkan cahaya dengan cara system bioluminesensi. Ya cumi-cumi itu adalah Firefly Squid. cumi-cumi ini memiliki organ yang bisa menghasilkan cahaya yang disebut Photophores.

Bagian tersebut paling besar terletak di bagian tentakel maupun ujung sekitar matanya. Dan bagian Photophores kecil terletak hampir di seluruh bagian cumi-cumi. Sehingga seluruh bagian dari cumi-cumi ini bisa memancarkan cahaya pada kegelapan.  

Cumi-cumi tersebut banyak dijumpai di Teluk Toyama, Jepang. Ketika malam hari, biasanya cumi-cumi tersebut terseret ombak ke daratan sehingga di sepanjang pinggir daratan terlihat nyala cahaya- cahaya yang berasal dari cumi-cumi tersebut.

4. Ikan Sungut Ganda
 

Ikan ini hidup di perairan laut yang begitu dalam. Habitat ikan ini di Samudra Arktik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Pasifik. Ikan ini tergolong jenis karnivora. Memiliki gigi tajam untuk memangsa buruannya.

Bagian tubuh ikan ini, seperti ujung sungutnya, sirip sampai bagian ekornya bisa menyala yang diduga hal itu berasal dari bioluminesensi.

Sayangnya, belum terdapat penelitian jauh dari ikan ini. Sebab ikan ini begitu jarang dijumpai.

5 Swell Shark
 

Ikan hiu ini juga tergolong unik. Sebab hiu Swell Shark ini bisa menyala dan mengeluarkan warna hijau pada tubuhnya. Namun cara ikan hiu ini bisa menyala, berbeda dari hewan yang memiliki bioluminesensi.

Jika bioluminesensi sendiri menyala karena adanya reaksi kimia dalam tubuh hewan, maka pada hiu ini berbeda. Hiu ini menyala dengan cara biofluoresensi. Bio Fluoresensi ini bekerja dengan menyerap cahaya birunya laut.

Dari situ kemudian dipantulkan ke bentuk cahaya lain melalui radiasi ellektro magnetik. Dan kebanyakan hewan yang menyala dengan cara ini mengeluarkan cahaya kuning dan hijau.

Menariknya, hiu ini berkomunikasi dengan sesamanya juga menggunakan cahaya yang muncul dari tubuhnya.

Nah itu tadi informasi-informasi mengenai hewan yang bisa menyala selain kunang-kunang dirangkum dari sumber YouTube dan beberapa sumber lainnya. Jangan lupa, nantikan terus berita menarik lainnya hanya di MalangTIMES.com.

Pewarta : Anggara Sudiongko
Editor : Sri Kurnia Mahiruni
Publisher : Sandi Alam
Sumber : Malang TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]trenggalektimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]trenggalektimes.com | marketing[at]trenggalektimes.com
Top