9 Wisata Kuliner Blitar Paling Enak dan Populer

Soto Mbok Ireng.(Foto : kabarblitar)
Soto Mbok Ireng.(Foto : kabarblitar)

TRENGGALEKTIMES, BLITAR – Wisata Kuliner merupakan salah satu daya tarik Blitar yang membuat wilayah ini banyak dikunjungi wisatawan. Banyak dari mereka sekedar mampir atau berlama-lama di Blitar karena ingin mencicipi aneka kulinernya.

Berada di wilayah Mataraman eks Karesidenan Kediri, Blitar memiliki keanekaragaman masakan tradisional yang sangat nikmat dan lezat di lidah.

Dari banyaknya masakan tradisional yang ada di Blitar, ada beberapa kuliner paling populer khas Blitar yang wajib Anda ketahui dan cicipi kelezatannya.

 Dilansir dari berbagai sumber, kali ini BLITARTIMES akan membahas tempat wisata kuliner di Blitar yang sedang hits atau populer dan sering dibicarakan oleh para wisatawan sepanjang tahun 2017.

1.Soto Mbok Ireng

Soto Daging Mbok Ireng.(Foto : Istimewa)

Warung Soto Daging Bok Ireng Blitar ini menyajikan soto dengan menu yang sangat spesial. Di buka mulai jam 8 pagi, warung soto ini di tutup hingga jam 2 siang.

Kehangatan dari sajian soto yang ada di Soto Daging Bok Ireng Blitar membuat banyak orang serasa ketagiahan untuk dapat menikmatinya lagi. Dagingnya yang tebal dan kuahnya yang sedap membuat kuliner ini banyak jadi faforit banyak orang.

Anda bisa datang ke Jalan Cokroaminoto, Blitar untuk dapat menyeruput kuah sedap dari sajian soto di Soto Daging Bok Ireng Blitar ini.

2.Pecel Mbok Bari

Nasi pecel Mbok Bari.(Foto : Istimewa)

Tempat makan yang satu ini menyajikan menu pecel nikmat yang tentu sudah banyak orang yang mengakuinya. Ternyata Warung Pecel Mbok Bari ini tidak hanya orang Blitar saja yang menikmati sajian pecel di Warung Pecel Mbok Bari, akan tetapi banyak wisatawan asing yang menikmati pecel di tempat ini.

Di Warung Pecel Mbok Bari  ini anda bisa menambahkan lauk sebagai teman makan nasi pecel yakni seperti ayam goreng, tahu, tempe, telor bumbu dan beberapa sajian gorengan yang lainnya. Untuk dapat menikmati lezatnya bumbu Sambel pecel.

Warung ini ada beberapa cabang dan yang paling terkenal adalah Warung Mbok Bari 6 di Jalan Ir. Soekarno No.93, Kota Blitar Blitar, Jawa Timur.

3.Warung Mak Ti

Warung Mak Ti.(Foto : istimewa)

Tempat yang mengusung konsep prasmanan membuat para pengunjungnya tanpa segan memilih makanan sesuai dengan selera di Warung Mak Ti ini. Di tempat wisata kuliner ini anda bisa mengambil sayuran, lauk pauk dan nasi sesuai dengan keinginan anda.

Tempat wisata kuliner blitar Warung Mak Ti ini menyajikan berbagai sayuran dan lauk pauk segar yang siap untuk anda nikmati bersama dengan teman atau keluarga.

Beberapa sayur di antaranya adalah tahu tempe, lodeh rebung, urap, tumis lompong, sambal goreng tempe, daun singkong, kutuk goreng, jendil goreng, ayam goreng, bader dan masih banyak lagi lauk pauk yang lainnya yang bisa anda dapatkan di tempat makan yang berada di Dusun Nglaos, Desa  Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Blitar mulai dengan harga Rp. 8.000 saja per porsi.

4.Tewel Martumi

Warung Tewel Mbah Martumi yang tentu saja nama tersebut di ambil dari nama pendirinya. Warung ini sesuai dengan namanya menyajikan sayur tewel dengan cita rasa yang sangat khas dan bisa menggoyang lidah anda. Jika ingin lidah anda merasa kepedasan rasanya sangat cocok apabila anda datang ke Warung Tewel Mbah Martumi ini.

Tempat wisata kuliner blitar yang satu ini menyajikan menu sayur tewel dengan rasa yang sangat pedas, jadi siap-siap minuman air putih di samping anda. Warung Tewel Mbah Martumi ini menyajikan makanan sayur tewel mulai dari Rp. 7.000 saja anda sudah bisa menikmati sajian makanan tewel yang khas dan tak ada di tempat lain.

Apabila anda tertarik untuk mencicipi pedasnya sayur tewel yang ada di sini silahkan datang ke Desa Ngoran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

5.Sego Contong Cempaka

Warung Sego Contong Cempaka.(Foto : Istimewa)

Bagi pecinta kuliner di Blitar, nama Sego Contong tentu sudah tidak asing di telinga. Warung kaki lima yang buka setiap malam di Pertigaan Cepaka depan SMA YP Kodya Jalan Tanjung nomor 5 Tanjung Kota Blitar ini, selalu menyajikan hal-hal sederhana. Ya, sederhana tempat dan masakannya.

Pemiliknya Hary Sanyoto (60), lelaki asal Semarang lebih dikenal dengan nama “Hary Sego Contong”. Setidaknya menu Sego Contong kini terdiri dari 7 menu utama pilihan, yaitu nasi kuning, nasi goreng, nasi campur, nasi ayam suwir, nasi ayam bakar, nasi ayam goreng kentaki, nasi penyetan 5T (Tahu Tempe, Teri, Terong, Telur). Selain itu ada satu menu yang setiap hari berganti, ditambah dengan sayur dan jajanan. Hargan Sego Contong ini terbilang sangat murah, hanya Rp 4000 per bungkus.

6.Uceng Barokah Pak Sabar Wlingi

Uceng Barokah Pak Sabar.(Foto : Istimewa)

Tempat yang satu ini banyak menyajikan menu makanan seperti misalkan saja Ayam Penyet, Kare Ayam, Sayur Uceng, Lele, Ayam Panggang, Lele Penyet, Nasi Campur dan masih banyak lagi jenis makanan yang di sajikan di Ikan Uceng di Warung Barokah Pak Sabar ini.

Uceng goreng menjadi primadona di tempat bernama Ikan Uceng di Warung Barokah Pak Sabar ini yang tentu mempunyai rasa gurih yang ekstra.

Bothok uceng bisa anda nikmati di Ikan Uceng di Warung Barokah Pak Sabar dengan taburan kelapa. Harga makanan yang ada di Ikan Uceng di Warung Barokah Pak Sabar ini mulai dari Rp. 5.000 saja.

Ingin menikmati sajian tempat wisata kuliner blitar yang satu ini.datanglah ke Jalan Semeru No. 24, Lingkungan Babadan,Kecamatan  Wlingi, Kabupaten Blitar.

7.Es Drop Cap Burung Betet

Ice Drop Cap Burung Betet.(Foto : Istimewa)

Keberadaan es drop diketahui sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Pabrik pembuatan es drop pertama kali berdiri pada tahun 1937 yang dikenal dengan nama Es Drop Burung Betet.

Bahan baku utama dari es drop adalah gula jawa dan santan yang dicetak memanjang sekitar 15cm dan ditaruh dengan lidi di tengahnya sebagai alat untuk memegang es drop tersebut saat dimakan. Es tidak dibungkus menggunakan plastik, tetapi menggunakan kertas putih.

Bukan hanya konsisten dengan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya saja, tetapi para penjualnya juga tetap menggunakan metode lama sampai sekarang.

Mereka masih menggunakan termos berbentuk silinder panjang yang terbuat dari kaca untuk mempertahankan suhu agar es tidak mudah mencair. Es drop bisa bertahan sampai sekitar 12 jam jika disimpan dalam termos tersebut.

8.Kopi Bathok Gathuk

Es Pleret khas Blitar.(Foto : Istimewa)

Di tempat ini anda bukan hanya disuguhi kopi yang khas dengan gelas bathok atau tempurung kelapa, yang dihidangkan dengan pilihan gula putih dan gula merah.

Di warung Kopi milik seniman bernama Dyan Brew ini, Anda serasa berkunjung ke galeri seni. segala perabot yang ada, hampir semua berbau seni.

Mulai dari meja, kursi, lukisan, perabot bahkan nama menunya. Sebut saja Kopi Bathok Gathuk, Kopi Bathok Susu, Kopi Bathok Jahe, Kopi Bathok Slintat Slintut, Kopi Bathok Sumringah, Wedang jahe Gula Batu, Jadah Bakar Similikiti, Gedang Bakar Asolole, Roti Bakar Tul Jaenah, Tape Bakar Nyampleng, Jagung Bakar Jempol Rosa, Nasi Pecel Rumangsaku Paling Enak, Nasi Ayam Lodho Ora Ngapusi Ayam Kampung dan Rawon Bathok Ela-elo, dlsb.

Tertarik menikmati menunya yang unik, datang saja ke Warung Kopi Bathok Gathuk di Jalan Raya Kanigoro, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. lokasinya mudha dicari, tepat di barat Kantor Bupati Blitar.

9.Es Pleret

Menu-menu unik di Warung Kopi Bathok Gathuk.(Foto : laras Wati)

Sekilas, Es Pleret ini mirip dengan es dawet kebanyakan. Entengnya, es ini bisa diklasifikasikan kalau es ini adalah bagian dari family es dawet.

Yang membuat Es Pleret ini unik adalah salah satu bahan yang ada di dalamnya. Yakni, berupa bola – bola kecil yang mirip bakso dan  kemudian ditemani oleh pelengkap lain berupa cendol (dawet), dan kadang potongan serabi.

Bola-bola kecil tadi-lah yang namanya Pleret. Bahannya terbuat dari tepung. Rasanya gurih dan terisi gula pemanis di dalamnya.

Minuman ini dapat Traveller temui di sepanjang kawasan Alun-Alun  Kota Blitar, Taman Kebonrojo dan PIPP Kota Blitar.(*)

Pewarta : Aunur Rofiq
Editor : Heryanto
Publisher :
Sumber : Blitar TIMES
-->
Redaksi: redaksi[at]trenggalektimes.com

Informasi pemasangan iklan
hubungi : info[at]trenggalektimes.com | marketing[at]trenggalektimes.com
Top